Harga Sawit Hari Ini Anjlok

Harga Sawit Hari Ini Turun - Harga Sawit Hari Ini Anjlok, Sepanjang 2015, rata-rata harga sawit (CPO) masih di bawah harga batas pengenaan bea keluar US$ 750 (Rp 10,275 juta) per ton. Kondisi ini membuat perusahaan memilih mengolah CPO menjadi minyak goreng, sabun, hingga mentega, daripada hanya mengekspornya dalam bentuk mentah atau setengah jadi.

Anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang perkebunan sawit, PT Astra Agro Lestari (AALI), mencatat penurunan laba bersih cukup dalam pada kuartal ketiga 2015. Berdasarkan laporan kinerja perusahaan, hingga September 2015, laba perusahaan tercatat Rp 145 miliar atau turun 92,3 persen dibandingkan laba pada periode yang sama tahun 2014 yang mencapai Rp 1,88 triliun.

PT Astra Agro Lestari Tbk menyatakan tak akan meningkatkan aktivitas perkebunan kelapa sawitnya pada tahun depan, menyusul anjloknya harga komoditas tersebut. Anak usaha Astra International ini akan lebih fokus ke sektor hilir, dengan menggarap industri pengolahan minyak sawit (CPO). Bisnis hulu kelapa sawit yang lesu, membuat harga komoditas tersebut anjlok, sehingga karena kurang peminat.


Harga Sawit Hari Ini Anjlok


Sebagai gantinya, perusahaan akan banyak melakukan pengembangan pada industri pengolahan bernilai tambah. Sehingga produk minyak sawit alias crude palm oil (CPO) tak lagi dijual mentah.

Sementara untuk tahun depan, PT Astra Agro Lestari akan memangkas 25 hingga 30% anggaran belanja modalnya menjadi sekitar Rp 1,82 triliun. 

Pembangunan CPO mill tersebut, membutuhkan investasi mencapai US$ 120 juta atau Rp 1,64 triliun, dengan kapasitas produksi 45 ton per jam. CPO mill ini untuk mengolah sawit menjadi produk mentega, minyak goreng, sabun dan lainnya.

Demikian sedikit informasi mengenai Harga Sawit Hari Ini Anjlok, semoga bermanfaat buat anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »